Minggu, 07 Juni 2015

Rekayasa Ulang Proses Pengadaan, Penggandaan, dan Distribusi Naskah Ujian

Untuk menambah pemahaman mengenai business process re-engineering dan Oracle BPM, saya bersama Andre dan Wischa merekayasa ulang proses pengadaan, penggandaan, dan distribusi naskah Ujian Nasional tahun 2014/2015. Proses dimulai dengan pengumuman dibukanya lelang oleh Pelaksana Pusat yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan percetakan. Perusahan percetakan pemenang lelang lalu melakukan pengadaan dan penggandaan naskah ujian dan kemudian naskah ujian didistribusikan ke Pelaksana Tingkat Provinsi, Pelaksana Tinggat Kabupaten/Kota, hingga Pelaksana Tingkat Satuan Pendidikan. Pada kondisi awal, prosedur pengadaan, penggandaan, dan pendistribusian naskah Ujian Nasional menghabiskan waktu selama 66 hari. Setelah dilakukan rekayasa ulang dengan memparalelkan beberapa aktivitas, waktu yang diperlukan pada prosedur pengadaan, penggandaan, dan pendistribusian naskah Ujian Nasional menjadi 60 hari.

1 komentar:

  1. dulu saya buta tentang BPR. saya kira Baper. Setelah saya membaca review jurnal yang di post oleh sdr Sandi, saya jadi tahu bahwa BPR (Business Process Reengineering) merupakan tools dalam melakukan inovasi terhadap Sistem Bisnis jenis apapun. Terima kasih Ida Bagus Sanditiya Hardaya

    BalasHapus